Thursday, May 23, 2013

KITAB TENTANG IMAN

KITAB TENTANG IMAN
BAB
No
URAIAN HADITS
1
Sabda Nabi s.a.w. : “Islam ditegakan di atas lima pondasi”

8.
Diriwayatkan dari Ibnu umar r.a, dia berkata : Rasulullah s.a.w pernah bersabda, “Islam ditegakan di atas lima pondasi : 1) Bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. 2) Mendirikan Shalat. 3) Menunaikan zakat. 4) Berhaji. 5) Berpuasa pada bulan Ramadhan.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 8)
2
Perihal Iman
9.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, dari Nabi s.a.w, beliau bersabda : “Iman itu bercabang menjadi enam puluh lebih, dan rasa malu (untuk berbuat maksiat) adalah satu cabang dari iman.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 9)
3
Seorang muslim adalah orang yang lidah dan tangannya tidak menyakiti muslim lain
10.
Diriwayatkan dari Abdullah bin Amru r.a, dari Nabi s.a.w, beliau bersabda : “Seorang muslim adalah orang yang lidah dan tangannya tidak menyakiti muslim lain, dan orang yang berhijrah adalah orang yang meninggalkan semua larangan Allah.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 10)
4
Siapa muslim yang terbaik?
11.
Diriwayatkan dari Abu Musa r.a, dia berkata : Orang-orang bertanya kepada Rasulullah s.a.w, “Ya Rasulullah! Siapa muslim yang terbaik?” Beliau menjawab, “Muslim yang lidah dan tangannya tidak menyakiti muslim lain.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 11)
5
Memberi makan orang lain adalah bagian dari Islam
12.
Diriwayatkan dari Abdullah bin Amru r.a, bahwa ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah s.a.w. : “Bagaimana menjadi muslim yang baik?” Rasulullah s.a.w menjawab : “Berikan makanan pada orang lain, ucapkan salam (berikan kedamaian) kepada orang yang kau kenal dan yang tidak kau kenal.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 12)
6
Diantara keimanan adalah menyayangi mukmin lain seperti menyayangi diri sendiri
13.
Diriwayatkan dari Anas r.a, dari Nabi s.a.w, beliau bersabda : “Demi Allah yang menguasai diriku! Seseorang di antara kalian tidak dianggap beriman kecuali jika dia menyayangi saudaranya sesama mukmin sama seperti dia menyayangi dirinya sendiri.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 13)
7
Mencintai Rasulullah s.a.w adalah bagian dari iman
14.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, bahwa Rasulullah s.a.w pernah bersabda : “Demi Allah yang menguasai diriku! Seseorang diantara kalian tidak dianggap beriman kecuali jika aku lebih dicintai olehnya daripada orang tua dan anak-anaknya sendiri.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 14)
15.
Diriwayatkan dari Anas r.a, …(sama dengan hadits sebelumnya dengan tambahan di bagian akhir sebagai berikut) : “…serta semua umat manusia.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 15)
8
Nikmatnya Iman
16.
Diriwayatkan dari Anas r.a, dari Nabi s.a.w, beliau bersabda : “Ada tiga hal yang barang siapa mencapainya, maka dia akan merasakan nikmatnya iman : 1. Allah dan Rasul-Nya dicintai olehnya melebihi segala-galanya; 2. Mencintai orang lain hanya karena Allah; 3. Membenci kekafiran sebagaimana kebenciannya dimasukkan ke dalam api neraka.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 16)
9
Tanda iman antara lain mencintai kaum Anshar
17.
Diriwayatkan dari Anas r.a, dari Nabi s.a.w, beliau bersabda : “Tanda iman adalah mencintai orang-orang Anshar, dan tanda kemunafikan adalah membenci orang-orang Anshar.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 17)
18.
Diriwayatkan dari ‘Ubadah bin Ash-Shamit r.a, bahwa Rasulullah s.a.w pernah bersabda ketika sedang dikerumuni oleh para sahabat beliau : “Berbaiatlah! Ucapkan janji setia kalian kepadaku untuk tidak menyekutukan sesuatu dengan Allah, tidak mencuri, tidak berzina, tidak membunuh anak-anak kalian, tidak berkata dusta/memfitnah, dan tidak berhenti menganjurkan kebaikan. Barang siapa di antara kalian memenuhi janjinya dalam hal tersebut, maka Allah-lah yang menanggung pahalanya, dan barang siapa berdosa (dengan melanggar janji tersebut), kemudian Allah menutupi dosanya di dunia, maka kelak di akhirat terserah kepada Allah. Jika Allah mau, maka Allah akan memaafkannya dan jika Allah mau, maka Allah akan menyiksanya”. Kata ‘Ubadah : “Maka kami pun membaiat Rasulullah s.a.w dalam hal tersebut.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 18)
10
Menghindari fitnah adalah bagian dari Islam
19.
Diriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudriy r.a, dia berkata : Rasulullah s.a.w pernah bersabda, “Akan tiba suatu masa dimana harta yang terbaik bagi seorang muslim adalah kambing yang dia gembalakan di puncak-puncak gunung dan di lembah-lembah tempat hujan turun, yang dengan itu dia menyelamatkan agamanya dari berbagai fitnah.”1
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 19)
11
Sabda Nabi s.a.w. : “Aku orang yang paling mengenal Allah”
20.
Diriwayatkan dari ‘Aisyah r,a, dia berkata : Rasulullah s.a.w senantiasa memberikan perintah kepada kaum muslimin menurut kemampuan mereka, lalu suatu ketika mereka mengatakan : “Kami tidak seperti Anda, ya Rasulullah! Karena Allah telah mengampuni dosa Anda yang lalu dan yang akan datang.” Maka Rasulullah s.a.w marah sehingga kemarahan tersebut tampak di wajah beliau, kemudian beliau bersabda : “Sesungguhnya orang yang paling bertaqwa dan paling mengenal Allah adalah aku.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 20)
12
Tinggi rendahnya iman tergantung pada amal baik yang dikerjakan
21.
Diriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudriy r.a, dari Rasulullah s.a.w, beliau bersabda : “Ketika penghuni surga masuk ke dalam surga dan penghuni neraka masuk ke dalam neraka, Allah s.w.t berfirman : ‘Keluarkanlah penghuni neraka yang di dalam hatinya terdapat iman meskipun seberat biji sawi’. Maka mereka dikeluarkan dari neraka dengan tubuh yang hitam kelam, lalu mereka dimasukkan ke dalam sungai Al-Haya atau Al-Hayat.”2  Malik ragu-ragu, apakah Al-Haya atau Al-Hayat. “Kemudian mereka tumbuh bagai butir padi di dekat aliran air. Tidakkah kau tahu bahwa padi tersebut tumbuh agak menguning dan malambai?”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 22)
22.
Diriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudriy r.a, dia berkata : Rasulullah s.a.w pernah bersabda, “Ketika aku sedang tidur, aku bermimpi ada orang-orang yang berpakaian diperlihatkan kepadaku, mereka ada yang berpakaian sampai ke dada, ada yang berpakaian lebih pendek lagi, dan Umar bin Al-Khaththab diperlihatkan kepadaku dalam mimpi itu dengan mengenakan pakaian panjang sampai menyentuh tanah.” Para sahabat bertanya : “Ya Rasulullah! Bagaimana Anda manafsirkan mimpi tersebut?” Beliau menjawab : “Pakaian tersebut adalah agama.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 22)
13
Rasa malu (untuk berbuat dosa) adalah bagian dari iman
23.
Diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a bahwa suatu ketika Rasulullah s.a.w melewati seorang laki-laki Anshar yang sedang menasehati saudara laki-lakinya agar jangan malu-malu, kemudian Rasulullah s.a.w bersabda : “Biarkanlah saudara laki-lakimu itu, karena rasa malu adalah bagian dari iman.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 23)
14
Firman Allah ‘Azza wa Jalla, yang artinya : “… jika mereka bertobat, mendirikan shalat dan membayar zakat, maka berilah mereka kebebasan” (Al-Quran, surat At-Taubah:5)
24.
Diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a, bahwa Rasulullah s.a.w pernah bersabda : “ Aku diperintahkan untuk memerangi orang-orang kafir, kecuali jika mereka sudi bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah, kemudian mereka mendirikan shalat dan membayar zakat. Apabila mereka sudah menjalankan semua itu, maka jiwa dan harta mereka aku lindungi, kecuali yang dipungut untuk kepentingan Islam maka Allah-lah yang menentukan perhitungannya.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 24)

15
Iman adalah perbuatan baik
25.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, bahwa Rasulullah s.a.w pernah ditanya : “Apakah amal (perbuatan) yang paling utama?” Beliau menjawab : “Beriman kepada Allah dan Rasul-nya.” Ditanyakan lagi : “Lalu apa?” Beliau menjawab : “Berjihad membela agama Allah.” Ditanyakan lagi : “Kemudian apa?” Beliau menjawab : “Haji mabrur.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 25)
16
Jika Islam dipeluk tidak sebenarnya
26.
Diriwayatkan dari Sa’d bin Abu Waqqash r.a, bahwa suatu ketika Rasulullah s.a.w membagi-bagikan sesuatu kepada sekelompok orang ketika Sa’d sedang duduk, kemudian Rasulullah s.a.w tidak memberikan jatah kepada seseorang yang saya anggap paling baik di antara mereka, lalu saya bertanya : “Ya Rasulullah! Mengapa Anda tidak member orang itu? Demi Allah, saya tahu dia seorang mukmin.” Rasulullah s.a.w menyahut : “Atau dia hanya seorang muslim.” Saya terdiam sejenak, tetapi saya tidak kuasa bertahan karena saya mengenal orang tersebut, sehingga saya mengulangi pertanyaan saya lagi : “Mengapa Anda tidak member bagian kepada orang itu? Demi Allah, saya tahu dia seorang mukmin.” Rasulullah s.a.w menjawab : “Atau dia hanya seorang muslim.” Saya terdiam sejenak, tetapi saya tidak kuasa bertahan karena saya mengenal orang tersebut, sehingga saya mengulangi pertanyaan saya lagi dan Rasulullah s.a.w pun mengulangi jawabannya, lalu beliau bersabda : “Hai Sa’d! Aku memberi seseorang, sedangkan yang lain lebih aku cintai karena aku khawatir Allah akan melemparkannya ke dalam neraka.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 26)
17
Isteri yang tidak bersyukur kepada suami dan tingkatan kekafiran
27.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a, dia berkata : Nabi s.a.w pernah bersabda, “Aku diperlihatkan neraka, ternyata kebanyakan penghuninya adalah wanita-wanita yang kafir”. Ditanyakan kepada Rasulullah s.a.w, “Apakah mereka kafir kepada Allah?” Rasulullah s.a.w menjawab, “Mereka kafir (tidak berterima kasih) kepada suami dan tidak berterima kasih atas kebaikan suami. Seandainya kamu berbuat baik kepada salah seorang dari para wanita tersebut dalam waktu yang lama lalu dia melihat sesuatu dalam dirimu yang tidak disenanginya, niscaya dia akan mengatakan, ‘Aku tidak pernah kau perlakukan dengan baik.’”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 27)
18
Maksiat adalah perbuatan Jahiliyah dan pelaku dosa tidak menjadi kafir kecuali dosa syrik
28.
Diriwayatkan dari Abu Dzarr r.a, dia berkata : Saya pernah mencaci seseorang dengan menyebut panggilan ibunya yang jelek, kemudian Nabi s.a.w menegur saya, “Hai Abu Dzarr! Apakah kamu telah mencacinya dengan menyebut panggilan ibunya yang jelek? Sungguh di dalam dirimu masih terdapat sifat-sifat jahiliyah. Para pembantumu adalah saudara-saudaramu (sesama muslim) yang dijadikan oleh Allah untuk menuruti perintahmu. Barang siapa memiliki pembantu, maka berilah makanan seperti apa yang kau makan, berilah pakaian seperti apa yang kau pakai, dan janganlah kamu membebani pembantumu di luar kemampuannya. Jika kamu membebaninya maka bantulah dia.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 28)
19
Firman Allah, yang artinya : “Dan Jika dua golongan orang-orang mukmin berseteru, maka damaikanlah antara keduanya” (Al-Qur’an, surat Al-Hujarat : 9)
29.
Diriwayatkan dari Abu Bakrah r.a, dia berkata : Saya pernah mendengar Rasulullah s.a.w bersabda : “Apabila dua orang muslim bertikai dengan masing-masing membawa pedang, maka yang membunuh dan yang terbunuh akan masuk neraka”. Lalu saya bertanya, “Ya Rasulullah! Yang membunuh masuk neraka, memang jelas, tetapi mengapa yang terbunuh juga masuk neraka?” Rasulullah s.a.w menjawab, “Karena yang terbunuh itu juga ingin membunuh lawannya.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 29)
20
Kezaliman yang paling besar
30.
Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud r.a, dari Nabi s.a.w. Kata Abdullah bin Mas’ud : Ketika ayat berikut ini turunt (yang artinya) : “… yaitu orang-orang yang beriman dengan tidak mencampuradukkan keimanan mereka dengan kezaliman”. (Al-Qur’an, surat Al-An’am : 82), para sahabat Rasulullah s.a.w, bertanya, “Apa ada di antara kami orang yang tidak berbuat zalim?” Lalu Allah s.w.t menurunkan ayat (yang artinya) : “Sungguh, syirik adalah kezaliman yang besar”. (Al-Qur’an, surat Luqman : 13).
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 30)
21
Tanda-tanda orang munafik
31.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, dari Nabi s.a.w, beliau bersabda : “Tanda orang munafik ada tiga, 1) Apabila berkata dia berdusta; 2) Jika berjanji dia ingkar; 3) Apabila diberi amanat dia berkhianat.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 31)
32.
Diriwayatkan dari Abdullah bin Amru r.a, bahwa Nabi s.a.w pernah bersabda : “Ada empat sifat yang bila dimiliki oleh siapapun maka dia adalah seorang munafik yang nyata, dan siapapun yang memiliki salah satu dari sifat-sifat kemunafikan sampai dia meninggalkannya, yaitu, 1) Jika diberi amanat dia berkhianat; 2) Apabila berbicara dia berdusta; 3) Jika membuat perjanjian dia langgar; 4) Apabila berselisih dia berbuat jahat.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 34)
22
Melakukan shalat sunat pada malam Al-Qadr adalah bagian dari iman
33.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, dia berkata : Rasulullah s.a.w pernah bersabda, “Siapapun yang melakukan shalat sunat pada malam Al-Qadr karena dorongan iman dan mencari ridha Allah, akan diampuni dosanya yang telah lalu.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 35)
23
Jihad adalah bagian dari iman
34.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, dari nabi s.a.w, beliau bersabda : “Allah ‘Azza wa Jalla menjanjikan balasan bagi orang yang berjihad di jalan-Nya yang terdorong oleh keimanan kepada-Nya dan kepada Rasul-Nya, bahwa Aku (Allah) akan membalasnya dengan pahala atau rampasan perang3 atau Aku akan memasukkannya ke dalam surga”.4 Sabda Nabi s.a.w selanjutnya : “Kalau aku tidak khawatir akan memberatkan umatku, niscaya aku tidak ingin tertinggal dari pasukan muslim yang pergi bertempur di jalan Allah, dan aku ingin terbunuh sebagai syahid di jalan Allah, lalu aku dihidupkan lagi, kemudian aku terbunuh sebagai syahid lagi, lalu aku dihidupkan lagi, kemudian aku terbunuh sebagai syahid lagi.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 36)
24
Shalat sunat pada bulan Ramadhan
35.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, bahwa Rasulullah s.a.w pernah bersabda : “Siapa yang mendirikan shalat sunat pada malam-malam bulan Ramadhan karena iman dan mengharap ridha Allah (dengan berpuasa pada siang harinya), dosanya pada masa lalu diampuni oleh Allah.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 37)
25
Berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap ridha Allah adalah bagian dari iman
36
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, dia berkata : Rasulullah s.a.w pernah bersabda, “Siapapun yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena dorongan iman dan mengharap ridha Allah, dosanya pada masa lalu diampuni oleh Allah.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 38)
26
Agama itu mudah
37.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a bahwa Rasulullah s.a.w pernah bersabda : “Sesungguhnya agama itu mudah (ringan), siapa yang memperberat dirinya dalam beragama, maka dia tidak akan bisa melaksanakannya, karena itu amalkanlah agama sesuai tuntunannya, berusahalah untuk mendekatkan diri kepada Allah, bergembiralah dengan pahala yang akan kau terima, dan kerjakanlah shalat pada pagi hari, siang dan penghujung malam.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 39)
27
Mengerjakan shalat adalah bagian dari iman
38.
Diriwayatkan dari Al-Barra’ r.a bahwa ketika Nabi s.a.w datang ke Madinah pada awalnya beliau tinggal bersama kakek-kakeknya atau para saudara laki-laki ibunya dari kaum Anshar. Semula Rasulullah s.a.w melakukan shalat dengan menghadap ke Baitul Maqdis selama enam belas atau tujuh belas bulan. Beliau ingin agar Baitullah dijadikan sebagai Kiblat shalat. Shalat pertama yang beliau kerjakan dengan menghadap Baitullah adalah shalat Ashar dengan berjamaah. Seusai shalat Ashar seorang makmun keluar, kemudian dia melawati orang-orang yang sedang shalat di sebuah masjid, lalu dia berkata : “Aku bersumpah demi Allah, aku telah mengerjakan shalat diimani oleh Rasulullah s.a.w dengan menghadap ke Mekkah”. Mendengar itu orang-orang tersebut berputar untuk beralih menghadap ke Baitullah. Semula orang-orang Yahudi dan Akhli Kitab merasa senang karena Rasulullah s.a.w shalat dengan menghadap ke Baitul Maqdis, tetapi mereka kemudian kecewa setelah Rasulullah s.a.w beralih menghadap ke Baitullah.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 40)
28
Kebaikan orang yang masuk Islam
39.
Diriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudriy r.a bahwa dia pernah mendengar Rasulullah s.a.w bersabda : “Apabila seseorang masuk Islam kemudian mengamalkan Islam dengan sebaik-baiknya, niscaya Allah menghapus semua kejelakan yang telah dilakukannya, setelah itu barulah dibuat perhitungan; satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipat hingga 700 kali lipat, sedangkan satu kejelekan dibalas setimpal (tanpa kelipatan), kecuali jika Allah mengampuninya.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 41)
29
Amal baik yang paling disukai oleh Allah adalah yang dikerjakan paling rutin
40.
Diriwayatkan dari ‘Aisyah r.a bahwa Nabi s.a.w datang kepadanya ketika ada seorang perempuan bersamanya, lalu Nabi s.a.w bertanya : “Siapa dia?” Aisyah kemudian menceritakan kepada Nabi s.a.w mengenai banyaknya shalat yang dikerjakan oleh perempuan tersebut, lalu Nabi s.a.w bersabda : “janganlah begitu! Beribadahlah menurut kemampuanmu. Demi Allah! Allah tidak akan bosan member pahala sampai kamu sendiri yang bosan beribadah dan amal baik yang paling disukai Allah adalah yang dikerjakan secara rutin.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 43)
30
Bertambah dan berkurangnya iman
41.
Diriwayatkan dari Anas r.a, dari Nabi s.a.w, beliau bersabda : “Akan dikeluarkan dari neraka orang yang bersaksi, ‘Tiada tuhan selain Allah’, dan di dalam hatinya terdapat iman walaupun seberat biji gandum. Akan dikeluarkan dari neraka orang yang bersaksi, ‘Tiada tuhan selain Allah’, dan di dalam hatinya terdapat iman walaupun seberat biji padi. Akana dikeluarkan dari neraka orang yang bersaksi, ‘Tiada tuhan selain Allah’, dan di dalam hatinya terdapat iman walaupun seberat atom.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 44)
42.
Dirwiyatkan dari Umar bin Khaththab r.a, bahwa ada orang Yahudi bertanya kepadanya : “Hai Amirul mukminin! Ada satu ayat di dalam kitab suci Anda yang And abaca, yang seandainya ayat tersebut diturunkan kepada kami (orang-orang Yahudi) niscaya kami akan menjadikan hari turunnya ayat tersebut sebagai hari raya”. Umar bertanya : “Ayat yang mana?”. Orang Yahudi itu menjawab : “Yaitu ayat (yang artinya) : ‘Hari ini telah Aku sempurnakan bagimu agamamu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku kepadamu, serta Aku Ridhai Islam sebagai agamamu’.” (Al-Qur’an surat Al-Maidah : 3) Umar menjawab : “Sungguh kami tahu hari dan tempat turunnya ayat tersebut kepada Nabi s.a.w, ketika itu beliau berada di Arafah pada hari Juma’at.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 45)
31.
Membayar Zakat adalah bagian dari Islam
43.
Diriwayatkan dari Thalhah bin Ubaydillah r.a, dia berkata : Seorang laki-laki dari Nejed dengan rambut tidak rapi datang kepada Rasulullah s.a.w. Kami bisa mendengar suaranya yang lantang, namun kami tidak memahami isi pembicaraannya. Setelah mendekat, dia bertanya tentang Islam. Lalu Rasulullah s.a.w menjawab, “Kerjakanlah shalat lima waktu dalam sehari semalam!” Orang itu bertanya lagi, “Apakah ada shalat lain yang harus saya kerjakan?” Rasulullah s.a.w menjawab, “Tidak ada, kecuali jika kamu mengerjakan shalat sunah”. Sabda Rasulullah s.a.w selanjutnya, “Kerjakanlah puasa Ramadhan!” Orang itu bertanya lagi, “Apakah ada puasa lain yang harus saya lakukan?” Rasulullah s.a.w menjawab, “Tidak ada, kecuali jika kamu ingin mengerjakan puasa sunat”. Kata Thalhah : Rasulullah s.a.w juga menuturkan perintah zakat kepada orang itu, lalu dia bertanya, “Apakah ada pembayaran lain yang wajib saya bayar?” Rasulullah s.a.w menjawab, “Tidak ada, kecuali jika kamu ingin bersedekah sunat”. Kata Thalhah :  Kemudian laki-laki itu mohon pamit, lalu dia pergi sambil berkata, “Demi Allah, saya tidak akan menambah atau mengurangi kewajiban ini”. Rasulullah s.a.w bersabda, “Jika dia tidak berdusta, dia akan masuk surga.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 46)
32
Mengiringkan jenazah adalah bagian dari iman
44.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, bahwa Rasulullah s.a.w pernah bersabda : “Barang siapa melayatg jenazah seorang muslim dan dia tidak pulang sebelum turut menyalatkan, kemudian dia turut mengiringkan hingga selesai pemakamannya, maka dia mendapat pahala dua qirath, masing-masing qirath sebesar gunung Uhud. Barang siapa menyalatkan jenazah seorang muslim, lalu dia pulang sebelum jenazah itu dimakamkan, maka dia mendapat pahala satu qirath.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 47)
33
Kekhawatiran orang mukmin adalah gugurnya amal baiknya tanpa disadarinya
45.
Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud r.a, bahwa Nabi s.a.w pernah bersabda : “Mencaci seorang muslim adalah fasik, dan membunuh seorang muslim adalah kufur.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 48)
46.
Diriwayatkan dari ‘Ubadah bin Ash-Shamit r.a, bahwa Rasulullah s.a.w pernah keluar untuk memberitahu para sahabatnya tentang tanggal malam Al-Qadr, kemudian di situ ada dua orang muslim sedang berselisih, lalu Rasulullah s.a.w bersabda : “Aku keluar ke sini untuk memberitahu kalian tentang malam Al-Qadr, tetapi di sini si Fulan dan si Fulan berselisih, sehingga aku lupa. Mungkin demikian ini lebih baik bagi kalian. Carilah malam Al-Qadr pada tanggal 7 atau 9 atau 5 pada sepuluh terakhir malam-malam Ramadhan (yaitu tanggal 27 atau 29 atau 25).”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 49)
34
Pertanyaan Jibril kepada Nabi s.a.w mengenai iman, Islam dan ihsan
47.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, dia berkata : Suatu hari Rasulullah s.a.w bersama orang banyak, kemudian beliau didatangi oleh seorang laki-laki, lalu dia bertanya, “Apa iman itu?” Rasulullah s.a.w menjawab, “Iman adalah percaya kepada Allah, para malaikat-Nya dan pertemuan dengan-Nya, percaya kepada rasul-rasul-Nya dan hari kebangkitan”. Laki-laki itu bertanya lagi, “Apa Islam itu?” Rasulullah s.a.w menjawab, “Islam ialah menyembah Allah tanpa menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan shalat, membayar zakat dan berpuasa pada bulan Ramadhan”. Laki-laki itu bertanya lagi, “Apa ihsan itu?” Rasulullah s.a.w menjawab, “Ihsan ialah kau beribadah kepada Allah seakan-akan kamu melihat-Nya, jika kamu tidak mampu seperti itu, maka mantapkan hatimu bahwa Allah melihatmu”. Laki-laki itu bertanya lagi, “kapan kiamat?” Rasulullah s.a.w menjawab, “Orang yang ditanya tentang kiamat tidak lebih tahu daripada penanya dan saya akan memberitahukan kepadamu tentang tanda-tanda kiamat : 1) Apabila budak perempuan melahirkan majikannya; 2) Apabila para penggembala unta hitam berlomba mendirikan gedung-gedung yang megah. Hari kiamat adalah salah satu dari lima hal yang tidak diketahui oleh siapapun kecuali Allah”. Setelah itu Nabi s.a.w membaca ayat (yang artinya) : “Sesungguhnya hanya Allah-lah yang mengetahui tentang kiamat. Dialah yang menurunkan hujan dan yang mengetahui apa yang ada di dalam kandungan. Tiada seorangpun tahu apa yang bakal diperolehnya esok hari, dan tidak seorangpun tahu di negeri mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu” (Al-Qur’an, surat Luqman : 34). Kemudian laki-laki itu pergi, lalu Nabi s.a.w meminta para sahabat agar memanggil kembali laki-laki itu, namun mereka tidak melihatnya lagi, kemudian Nabi s.a.w bersabda, “Laki-laki itu tadi adalah Jibril yang datang untuk mengajarkan agama kepada umat manusia.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits :
35
Keutamaan orang yang menjauhi syubhat5 demi agamanya

48.
Diriwayatkan dari An-Nu’man bin Basyir r.a, dia berkata : Saya pernah mendengar Rasulullah s.a.w bersabda, “Apa yang halal telah jelas dan apa yang haram pun telah jelas, namun di antara keduanya terdapat hal-hal yang syubhat yang kebanyakan manusia tidak mengetahuinya. Siapa yang menghindari syubhat berarti dia menyelamatkan agamanya dan kehirmatan dirinya. Siapa yang terjerumus ke dalam syubhat adalah bagai penggembala yang menggembalakan ternaknya di sekitar hima6 yang sebentar lagi dia akan masuk ke dalam hima itu. Ketahuilah bahwa setiap raja memiliki hima, dan ketahuilah bahwa hima Allah di bumi adalah apa yang diharamkann-Nya. Ketahuilah bahwa di dalam tubuh ada segumpal darah padat. Apabila gumpalan tersebut baik, maka seluruh tubuh menjadi baik, dan apabila gumpalan tersebut jelek, maka seluruh tubuh menjadi jelek. Segumpal darah padat itu adalah hati7.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 52)
36
Menyerahkan seperlima rampasan perang adalah bagian dari iman

49.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a., dia berkata : Ketika delegasi dari suku Abdul Qays menemui Nabi s.a.w, beliau bertanya, “kalian delegasi dari suku apa?” Mereka menjawab, “Kami dari suku Rabi’ah”. Rasulullah s.a.w bersabda, “Selamat datang dan semuanya aku terima dengan senang hati”. Mereka berkata, “Ya Rasulullah! Kami tidak bisa menemui Anda kecuali pada bulan haram8, karena di antara tempat kami dengan tempat Anda terdapat perkampungan orang-orang kafir dari suku Mudhar yang menghalangi kedatangan kami kepada Anda. Sekarang perintahkan kepada kami untuk berbuat baik yang kemudian akan kami bertahukan kepada warga kami yang tidak turut datang kemari dan perbuatan baik tersebut akan menyebabkan kami masuk surga”. Mereka bertanya kepada Rasulullah s.a.w tentang minuman, lalu Rasulullah s.a.w memerintahkan kepada mereka empat hal dan melarang mereka emapt hal pula. Rasulullah s.a.w memerintahkan mereka beriman kepada Allah Yang Maha Esa. Rasulullah s.a.w bertanya, “Apa iman itu?” Mereka menjawab, “Alah dan Rasul-Nya yang lebih tahu”. Rasulullah s.a.w bersabda, “Yaitu besaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tanpa sekutu bagi-Nya dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, berpuasa pada bulan Ramadhan dan menyerahkan seperlima harta rampasan perang”. Rasulullah s.a.w melarang mereka empat hal, yaitu : Al-Hantam, al-dubba’, an-naqair dan al-muzaffat atau al-muqayyar.9 “Ingat-ingatlah apa yang aku sampaikan ini, lalu sampaikan nanti kepada warga kalian yang tidak ikut hadir kesini.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 53)
37
Hadits Nabi s.a.w, bahwa semua amal perbuatan itu tergantung pada niat pelakunya
50.
Diriwayatkan dari Umar r.a, mengenai hadits bahwa “Semua amal perbuatan itu tergantung pada niat pelakunya”, adalah sudah tercantum di bagian awal kitab ini, hanya saja setelah, “dan setiap orang akan mendapat balasan sesuai dengan nitanya” ditambah sebagai berikut : “Siapa yang berhijrah untuk meraih ridha Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya akan memperoleh ridha Allah dan Rasul-Nya”, kemudian lanjutan hadits sama dengan apa yang telah tercantum di depan.
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 54)
51.
Diriwayatkan dari Abu Mas’ud r.a, dari Nabi s.a.w, beliau bersabda : “Apabila seorang laki-laki memberi nafkah keluarganya karena mengharap ridha Allah, maka dia sama dengan memberi sedekah.”
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 55)
38
Sabda Nabi s.a.w, “Agama adalah nasehat”
52.
Diriwayatkan dari Jarir bin Abdullah Al-Bajaliy r.a, dia berkata : Saya berbaiat kepada Rasulullah s.a.w untuk mendirikan shalat, membayar zakat dan memberikan nasehat (menganjurkan perbuatan baik dan mencegah perbuatan mungkar) kepada setiap muslim.
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 57)
53.
Diriwayatkan dari Jarir bin Abdullah Al-Bajaliy r.a, dia berkata : Saya kepada Nabi s.a.w, lalu saya katakan, “Saya membaiat Anda (berjanji setia kepada Anda) untuk mengamalkan ajaran Islam”. Kemudian Nabi s.a.w memberi saya syarat agar saya memberikan nasehat (amar ma’ruf nahi mungkar) kepada semua muslim, maka saya pun berjanji setia kepada beliau untuk memberikan nasehat tersebut.
(Hadits shahih Imam Bukhari, nomor hadits : 58)




1 Fitnah bisa bermakna bencana, ujian, perang saudara, kekacauan dan lain sebagainya.
2 Sungai Al-Haya atau Al-hayat artinya sungai kehidupan.
3 Jika menang.
4 Jika gugur lalu menjadi syahid.
5 Tidak jelas haram dan halalnya.
6 Padang rumput atau ladang yang terlarang untuk dimasuki ternak.
7 Bukan hati sebagai materi, tetapi hati sebagai simbol rohani. Jadi maksudnya adalah jiwa.
8 Bulan yang dianggap mulia atau suci.
9 Semuanya itu adalah nama-nama bejana untuk menyimpan minuman keras saat itu. Jadi maksudnya adalah larangan meminum minuman keras yang memabukkan.

0 komentar:

Post a Comment

Situs ini menerapkan “Dofollow Site Comment System”
Beri komentar sebanyak-banyaknya yang tentunya akan membawa manfaat pula bagi perkembangan blog/situs Anda. Namun komentar Anda harus dengan syarat :

1. Tidak mengandung Spam, SARA, Pornografi;
2. Komentar harus ada kaitannya dengan materi yang dibahas
dalam posting;
3. Tidak berisi link aktif di dalam badan komentar.

Selamat berkomentar dan semoga bermanfaat bagi perkembangan blog/situs Anda.

Terima kasih.